» » » Facebook Membuat Otak Manusia Lebih Besar

INFORMASITIPS.COM - Mungkin kita tidak pernah mengira, bahwa Facebook, jejaring sosial yang tak pernah luput dari jangkauan kita, baik laptop mapun perangkat seluler yang kita gunakan, ternyata memiliki dampak tersendiri terhadap otak kita. Sebuah studi yang dilakukan oleh Geraint Rees dari University College of London ini mengungkapkan bahwa Facebook berhubungan secara langsung terhadap struktur otak.

Otak yang lebih besar itu tandanya â??otak yang lebih baik.â?? Bagaimana seseorang bersosialisasi kepada orang lain juga tergantung pada ukuran otaknya. Kesan itu memang sangat umum kita dengar. Otak yang lebih baik juga menunjukkan kesan lebih cerdas. Nah, apakah Facebook bisa mengubah ukuran dan struktur otak?

Sebuah studi yang dilakukan kepada 125 warga Inggris berusia antara 18-28 tahun. Para peneliti dari University College of London ini melakukan scan MRI pada otak objek peneliti dan hasilnya â??yang paling mengejutkanâ?? ungkap mereka, â??adalah ada korelasi satu sama lain.â?? Setelah melihat adanya korelasi tersebut, 40 siswa pun ditambahkan untuk diuji juga untuk mengecek yang kedua kalinya.

â??Mereka yang memilik banyak teman di dunia nyata dan di facebok memiliki ukuran otak lebih besar dari rekan sebayanyaâ??, papar Graeme McMillan di Majalah Times, sama besarnya dengan ukuran orang-orang yang autis. Amygdalae adalah bagian otak yang memonitor reaksi emosi. Otak seseorang yang bersosialisasi dengan Facebook mengalami perkembangan ukuran pada otak temporal bagian kanan sulcus superior, otak temporal bagian tengah kiri gyrus, dan kortex entorhinal kanan.


Orang-orang yang aktif dalam jejaring social milik Mark Zuckenberg ini memiliki ukuran otak bagian Amygdalae yang lebih besar dibandingkan orang-orang yang tidak mengakses facebook dan orang-orang yang sifat sosialnya kurang. Memang, orang-orang yang memiliki sikap sosial yang tinggi memiliki Amygdalae yang lebih besar dari orang lainnya. Jadi, Facebook sebenarnya tidak sepenuhnya membuat otak lebih besar secara langsung, tapi tetap berpengaruh.

Pertanyaan menarik lain untuk diteliti adalah, â??Apakah internet bisa mengubah otak kita?â?? Jejaring sosial internet memang sangat berpengaruh jaman sekarang ini. Kita bisa melihat bagaimana aksi facebookers yang membela Prita lewat â??1000.000 facebookers mendukung Pritaâ??, hingga usaha Pemerintah Inggris yang berusaha memblokir facebook karena rakyat sipil yang memberontak itu memulai aksinya dari facebook.

â??Sangat mungkin bahwa Facebook mengubah otak kita yang telah terhubung satu sama lainâ?? Nidhi Subbaraman memaparkan. Akan tetapi lebih mungkin lagi jika sebenarnya seseorang yang membutuhkan teman-teman di Facebook memang memiliki struktur otak yang â??telah dilengkapi fungsi sosial.â??

Penelitian lebih lanjut memang sangat dibutuhkan untuk benar-benar membuktikan kebenaran itu. â??Mungkin juga ada faktor lain yang mengatur itu,â?? ungkap Gearint Rees, â??yang mengendalikan struktur otak dan banyaknya jumlah teman.â??

Makin semangat untuk terus memperbanyak teman di Facebook?

About Unknown

Hi there! I Dwi Fadli Masril, now my hobby is blogger and a student at pekanbaru affection. hopefully happy to visit my blogger
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply